Instagram  : @BBTMC_BPPT     Twitter : @BBTMC_BPPT

Tangani Karhutla, BPPT-BMKG Jalin Kerjasama Kembangkan TMC

Jumat (4/10) telah dilakukan Media Gathering operasi Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Di Ruang VIP Gedung BPPT Thamrin, Jakarta Pusat.


Dalam acara tersebut dilakukan juga penandatangan kerja sama antara BPPT dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang pengembangan teknologi modifikasi cuaca (TMC) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dalam kerja sama ini, BMKG akan memberikan pemberian informasi ramalan cuaca yang akan menunjukkan data hotspot yang muncul dan dampak yang bisa ditimbulkan.

"Kami akan bekerja sama dengan BMKG,  melaksanakan riset dan pengkajian serta penerapan untuk SMART TMC yang berbasis pada Artificial Itelligence," kata Kepala BPPT, Hammam Riza saat ditemui di kantor BPPT, Jakarta,  Jumat (4/10).Nantinya, lanjut Hammam, teknologi TMC tersebut akan digunakan untuk menangani masalah menahun yang selalu dialami Indonesia kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pun dengan banjir dan longsor, yang selalu hadir di musim hujan. Dalam teknologi tersebut, nantinya akan memanfaatkan penggunaan big data cuaca dan model prediksi cuaca untuk memantau musim kemarau atau musim hujan seperti apa yang akan melanda Indonesia. Dari situlah, nantinya akan diketahui mana saja daerah yang memiliki titik panas atau hotspot. 
 

Statistik Pengunjung

1.png3.png6.png5.png1.png9.png
Today141
Yesterday174
This week923
This month3755
Total136519

Kontak Kami

Gedung Ir. Mohammad Soebagio
Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) - BPPT, GEOSTECH
Kawasan PUSPIPTEK Serpong - Tangerang Selatan 15314
Telp. (021) 75791377 ext 4175 ; Faks. (021) 75791409
e-mail:
ka-bbtmc@bppt.go.id  ;   sekr-bbtmc@bppt.go.id