Instagram  : @BBTMC_BPPT     Twitter : @BBTMC_BPPT

Mewaspadai Cuaca Ekstrim Awal Tahun 2021

Beberapa hari terakhir hujan cukup intens terjadi di sepanjang Pulau Jawa. Kejadian ini mampu membuat beberapa kota di Pulau Jawa terendam banjir. Hasil observasi hujan selama sepekan terakhir dengan satelit TRMM menunjukkan hujan dengan intensitas tinggi terjadi di kota-kota di pesisir utara Jawa Barat  hingga Jakarta serta pesisir utara Jawa tengah. Beberapa pemberitaan menyebutkan terjadi genangan yang cukup tinggi di beberapa tempat. Hujan dengan intensitas lebat hinggga sangat lebat terjadi pada Sabtu, 6 Februari 2021 dini hari dan minibike genangan dan banjir di beberapa titik di wilayah Kota Semarang. Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat disertai petir juga terjadi di wilayah Jakarta dan kota-kota disekitarnya pada akhir pekan lalu.

 “Meningkatnya curah hujan di Pulau Jawa pada akhir pekan lalu terjadi karena saat ini wilayah Pulau Jawa memasuki puncak musim hujan. Analisis gradien angin menunjukkan konvergensi angin (ITCZ) terjadi di sepanjang pulau Jawa yang menyebabkan daerah perlambatan angin dan menumpuknya massa udara. Kelembaban yang tinggi di lapisan bawah hingga lapisan atas dan kondisi atmosfer yang labil mendukung proses pembentukan awan hujan di wilayah Pulau Jawa” demikian dijelaskan oleh Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Jon Arifian. “Selain itu, kondisi ini juga diperparah oleh pengaruh aktifnya angin monsuun dingin asia yang bisa dilihat dari penetrasi angin utara atau CENS semakin ke selatan yang menyebabkan labilitas atmosfer di Pulau Jawa semakin meningkat” lanjutnya.

Hujan dengan kategori lebat hingga sangat lebat yang terjadi di kota-kota pesisir utara Jawa juga sering terjadi pada malam dan dini hari. Hal ini terjadi karena angin monsoon dingin asia yang melintas di Laut Jawa semakin menusuk ke selatan pada malam dan dini hari yang menyebabkan labilitas atmosfer meningkat.

Kejadian banjir dan genangan di beberapa wilayah di Jawa juga terjadi karena beberapa kejadian hujan selama sepakan terakhir telah menyebabkan tanah jenuh. Sehingga penyerapan air oleh tanah menjadi berkurang. Dengan berkurangnya daya serap tanah maka hujan dengan intensitas tinggi akan mudah tergenang dan menyebabkan banjir. Dilihat dari data akumulasi curah hujan TRMM Jaxa selama sepekan terkhir terlihat bahwa kota-kota dengan akumulasi curah hujan tinggi terindikasi terjadi genangan atau banjir. Untuk daerah dengan akumulasi yang cukup tinggi perlu diwaspadai kedepannya karena hujan dengan intensitas tertentu dapat terjadi genangan atau Banjir. Sehingga kita perlu melihat prediksi kedepan untuk daerah-daerah tersebut.

“Dari prediksi GFS yang di proses oleh BBTMC menunjukkan adanya peluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terjadi di Jakarta beberapa hari ke Depan. Sehingga ada potensi terjadinya banjir dan genangan untuk wilayah Jakarta beberapa hari Kedepan sehingga warga harus tetap waspada” pesan Pak Jon ke warga Jakarta. Dari prediksi perdasarian Bulan Februari, Wilayah Jawa secara keseluruhan berpotensi terjadi hujan dengan kategori menengah dan cenderung menurun dari dasarian pertama bulan Februari. Namun perlu tetap di waspadai mengingat  kondisi tanah yang sudah jenuh pada dasarian pertama.

Di puncak musim penghujan di Jawa yaitu bulan Januari-Februari angin monsoon asia yang bisa dilihat dari index CENS cukup berpengaruh pada labilitas atmosfer di pulau Jawa. Kondisi udara yang labil cenderung mudah terjadi pertumbuhan awan yang menyebabkan terjadinya hujan. “Namun pada awal bulan Maret kita juga harus tetap mewaspadai kejadian hujan ekstrim mengingat MJO diprediksikan akan terjadi di sekitar Indonesia bagian barat termasuh wilayah Jawa” terang Pak Jon mengakhir penjelasan tentang hujan ekstrim awal tahun 2021.

 

 

Statistik Pengunjung

2.png2.png2.png8.png3.png9.png
Today39
Yesterday268
This week1322
This month5570
Total222839

Kontak Kami

 

Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) - BPPT

Gedung Ir. Mohammad Soebagio, Geostech
Kawasan Puspiptek Serpong - Tangerang Selatan 15314
Telp. (021) 75791377 ext 4175 ; Faks. (021) 75791409
e-mail: ka-bbtmc@bppt.go.id  ;   sekr-bbtmc@bppt.go.id