Instagram  : @BBTMC_BPPT     Twitter : @BBTMC_BPPT

Rapat Koordinasi Khusus Penanggulangan Karhutla Tahun 2021

Sebagai kesiapsiagaan negara dalam menangani ancaman karhutla, telah dilakukan Rapat koordinasi khusus (Rakorsus) pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2021 pada 9 Februari 2021 di Jakarta. Pak Presiden melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Bapak Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. memberikan 5 Esensi pokok arahan yaitu:

  1. Prioritaskan pencegahan yakni dengan pola deteksi dini hotspots dan firespots, monitoring rutin dan meningkatkan frekuensi patroli dan pemeriksaan lapangan;
  2. Penataan pengelolaan ekosistem gambut, dengan pengendalian hidrologi; 3) Pengendalian dan pemadaman segera setiap titik api yang muncul sehingga tidak menjadi besar;
  3. Penegakkan hukum secara tegas bagi pembakar hutan agar memberikan efek jera;
  4. Agar dicari solusi permanen untuk upaya pembakaran hutan dan lahan yang sengaja untuk motif ekonomi.


Menindaklanjuti arahan Presiden RI tersebut, Menkopolhukam menyampaikan bahwa perlu dilakukan inovasi-inovasi, terobosan, langkah-langkah kebijakan yang mempercepat atau mempermudah upaya pencegahan karhutla. Hal tersebut yang terkait dengan tugas dan fungsi BPPT, diantaranya :

  1. Pembukaan Lahan Tanpa Bakar untuk membuat diversifikasi jenis produksi lahan masyarakat berbasis desa seperti Perikanan, Peternakan, Hutan Sosial.
  2. Penyempurnaan sistem deteksi dini, ritme iklim, modifikasi cuaca sepanjang tahun.
  3. Pencegahan karhutla yang lebih permanen melengkapi langkah monitoring hotspots dan patroli, yaitu dengan teknik modifikasi cuaca dikombinasikan dengan pengembangan dan pelaksanaan kegiatan kesadaran hukum masyarakat atau paralegal pada lokasi- lokasi yang sangat rawan karhutla.

 

Beberapa hal secara lebih teknis misalnya, dapat dikembangkan lagi, berupa kegiatan-kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan selama periode 2016-2020 dengan paradigma baru dan upaya perbaikan sistem pengendalian karhutla diantaranya seperti:

  1. Peningkatan Operasi TMC dilaksanakan secara teknis dari pertimbangan cuaca (BMKG) dan pelaksanaan lapangan oleh BPPT dan TNI AU, data dukungan KLHK dan BNPB. Operasi TMC dilakukan mulai Maret hingga akhir Oktober 2020 di Riau (curah hujan bertambah dan diatur waktu jatuhnya air/rainfall sebesar 22-36 % dari kondisi normal). Pelaksanaan TMC Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi berlangsung sejak 2 Juni hingga 10 Oktober 2020 dengan peningkatan curah hujan 29-47% dari kondisi curah hujan normal.
  2. Perlu dipertimbangkan untuk bisa dilakukan monitoring cuaca sepanjang tahun khususnya dalam deteksi awan dan pengaturan ritme hujan dengan teknik modifikasi cuaca sehingga dengan teknologi maka dapat diatur pola hujan berdasarkan kondisi awal yang ada, sehingga modifikasi cuaca sudah harus diikuti dan di rekayasa sepanjang tahun sejak bulan Januari.

Dalam Rakorsus juga ada inputan dari beberapa peserta rakorsus rawan karhutla:

1. Gubernur Riau : Mengingat sudah mulai terjadi beberapa titik api di wilayah Provinsi Riau, maka sedang dikoordinasikan penetapan status siaga darurat karhutla tingkat Provinsi Riau. Diharapkan dengan penetapan tersebut pemerintah pusat dapat membantu penanganan dan pengendalian karhutla melalui berbagai opsi seperti TMC, water boombing, pengerahan TNI dan manggala agni secara terencana.

2. Menteri LHK : Memperhatikan keberhasilan upaya mitigasi karhutla 2020 dan permintaan beberapa Gubernur untuk melakukan upaya TMC, maka akan dilakukan koordinasi diantara K/L terkait dan TNI untuk percepatan pelaksanaan upaya TMC.

3. Panglima TNI : Akan menyiapkan armada pesawat yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pembasahan lahan gambut.

  

 

Statistik Pengunjung

2.png2.png2.png8.png3.png1.png
Today31
Yesterday268
This week1314
This month5562
Total222831

Kontak Kami

 

Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) - BPPT

Gedung Ir. Mohammad Soebagio, Geostech
Kawasan Puspiptek Serpong - Tangerang Selatan 15314
Telp. (021) 75791377 ext 4175 ; Faks. (021) 75791409
e-mail: ka-bbtmc@bppt.go.id  ;   sekr-bbtmc@bppt.go.id