Instagram  : @BBTMC_BPPT     Twitter : @BBTMC_BPPT

Waspadai Prakiraan Cuaca berbasis Dampak BMKG di Jabodetabek

Di pekan terakhir bulan Februari BMKG kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca ektrim melalui laman Prakiraan cuaca berbasis dampak milik BMKG.  Prakiraan berbasis dampak tersebut menujukkan bahwa pada tanggal 25-26 Februari 2021 sebagian besar wilayah pulau Jawa termasuk Jabodetabek dalam kategori waspada dan siaga. Daerah yang masuk dalam status siaga dan waspada berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat yang bisa disertai dengan angin kencang dan petir. Daerah Bogor termasuk dalam daerah berstatus siaga sedangkan daerah Jabodetabek yang lain masuk dalam kategori waspada sehingga masyarakat yang tinggal di derah rawan banjir di Jabodetabek  harus berhati-hati.

Diikonfirmasi dari beberapa prediksi (GFS, ECMWF, GFS oleh BBTMC, dan model lainnya), daerah Jakarta dan sekitarnya akan mengalami hujan dengan intensitas yang cukup lebat hingga ekstrim. Beberapa model prediksi juga memperlihatkan bahwa hujan secara persiten akan terjadi dari tanggal 25-27 Februari 2021. Model-model prediksi tersebut sepakat bahwa puncak hujan lebat hingga ekstrim diprediksikan terjadi pada sore tanggal 25 Februari 2021 hingga dini hari tanggal 26 Februari 2021.

Sumber: https://www.bmkg.go.id/cuaca/cuaca-berbasis-dampak.bmkg?wilayah=Barat&hari=Lusa

https://www.windy.com, http://wxmod.bppt.go.id

 

Adanya konvergensi angin disekitar pulau Jawa diprediksikan sebagai penyebab meningkatnya curah hujan di sepanjang pulau Jawa. Konvergensi angin ini dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah yang melintas di Samudera Hindia di sebelah selatan Jawa. Pusat tekanan rendah ini menyebabkan adanya daerah konvergensi angin di sekitar pulau Jawa dan sekaligus memperkuat angin monsoon dingin asia yang melintas daerah katulistiwa atau lebih populer disebut CENS (cross equatorial north surge). Konvergensi angin akan menyebabkan penumpukan massa udara sehingga terjadi pertumbuhan awan secara vertical. Semakin kuat gaya ke atas akibat konvergensi angin akan menyebabkan hujan yang ektrim yang bisa disertai angin kencang dan petir.

http://www.bom.gov.au

Masyarakat diharap terus waspada dan terus memantau perkembangan cuaca dan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG. BBTMC terus melaksanakan upaya mitigasi bencana banjir di wilayah Jabodetabek dengan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca dengan pos komando di Lanud Halim Perdanakusuma dengan dukungan wahana pesawat terbang Casa 212 dan CN 295.

 

Statistik Pengunjung

2.png8.png3.png8.png5.png5.png
Today103
Yesterday240
This week1354
This month18658
Total283855

Kontak Kami

 

Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) - BPPT

Gedung Ir. Mohammad Soebagio, Geostech
Kawasan Puspiptek Serpong - Tangerang Selatan 15314
Telp. (021) 75791377 ext 4175 ; Faks. (021) 75791409
e-mail: ka-bbtmc@bppt.go.id  ;   sekr-bbtmc@bppt.go.id