Instagram  : @BBTMC_BPPT     Twitter : @BBTMC_BPPT

BBTMC Kembangkan GBG tipe Nozzle Jet Ejector Penghantar Bahan Semai NaCl Powder 2-5 mikrometer

Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca merupakan satu-satunya institusi di Indonesia yang menyediakan jasa layanan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Kecenderungan meningkatnya permintaan sektor kebencanaan ini banyak menyita infrastruktur pendukung utama TMC yaitu pesawat terbang yang merupakan wahana untuk menghantarkan bahan semai ke dalam awan. Sebagai alternatif wahana penyemaian awan, BBTMC telah mengembangkan dan mengaplikasikan Ground Based Generator (GBG) berupa menara setinggi 50 meter lokasi pembakaran bahan semai flare. GBG dengan bahan semai flare ini sudah diterapkan pada kegiatan TMC untuk pengisian waduk DAS Larona di Sulawesi Selatan.

Dengan telah dihasilkannya produk bahan semai serbuk NaCl pada distribusi 2-5 mikrometer, maka pada tahun 2021 pengembangan GBG diarahkan untuk dapat memanfaatkan bahan semai tersebut. “Tahun lalu BBTMC telah berhasil melakukan produksi bahan semai serbuk NaCl berukuran 2-5 mikrometer. Saat ini kita tengah melakukan pengembangan inovasi baru GBG untuk menghantarkan bahan semai tersebut ke dalam awan dari darat” kata Jon Arifian Kepala BBTMC-BPPT.

“Dalam mengembangkan kapasitas GBG ini, kami bekerjasama dengan unit lainnya di BPPT yaitu Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi dalam memanfaatkan instrumen Nozzle Jet Ejector untuk mengarahkan bahan semai powder lebih jauh secara vertikal. Kita menargetkan agar bahan semai ini dapat terlontar hingga ketinggian 100 meter dari puncak menara”, tutur Jon Arifian menjelaskan kepada tim redaksi WXMOD. “Dengan adanya gaya dorong ke atas kita harapkan GBG tipe ini akan lebih ideal dibandingkan generasi GBG sebelumnya yang hanya memanfaatkan daya dorong angin secara alami. Selain itu berdasarkan refensi journal ilmiah bahan semai dengan ukuran 2-5 mikrometer ini memiliki efektifitas yang lebih baik dalam mempengaruhi proses dinamika di dalam awan” lanjutnya.

 

“Berdasarkan hasil simulasi awal yang dilakukan selama periode Triwulan I 2021, bahan semai serbuk NaCl 2-5 mikron ini mampu dihantarkan oleh peralatan nozzle jet ejector hingga ketinggian mendekati target 100 meter dari mulut ejector. Tingkat kebisingan yang ditimbulkan juga dapat ditekan sehingga tidak signifikan mengganggu” Jon Arifian menjelaskan lebih detail kemajuan yang telah dicapai saat ini. Target hasil kegiatan pengembangan GBG pada tahun 2021 ini adalah diperolehnya desain maupun purwarupa GBG penghantar bahan semai NaCl Powder 2-5 mikrometer.

Statistik Pengunjung

2.png9.png8.png4.png0.png6.png
Today121
Yesterday221
This week526
This month5663
Total298406

Kontak Kami

 

Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) - BPPT

Gedung Ir. Mohammad Soebagio, Geostech
Kawasan Puspiptek Serpong - Tangerang Selatan 15314
Telp. (021) 75791377 ext 4175 ; Faks. (021) 75791409
e-mail: ka-bbtmc@bppt.go.id  ;   sekr-bbtmc@bppt.go.id